Makanan dan Minuman yang Baik Dikonsumsi Saat Sahur

Senin, 29 Mei 2017 - 01:20 WIB
Makanan dan Minuman yang Baik Dikonsumsi Saat Sahur
Makanan dan Minuman yang Baik Dikonsumsi Saat Sahur
A A A
JAKARTA - Menjalani bulan Ramadhan berarti berpuasa dari matahari terbit hingga terbenam setiap hari selama satu bulan penuh. Oleh karena itu, memilih makanan yang baik untuk dikonsumsi saat sahur sangatlah penting.

Dikutip dari BuzzFeed, seorang muslim yang juga ahli gizi, Nour Zibdeh berbagi informasi mengenai makanan dan minuman seperti apa yang baik disantap di waktu sahur agar tubuh Anda tetap sehat meskipun harus menahan lapar dan haus seharian.

1. Anda tidak benar-benar membutuhkan makanan sebanyak yang dipikirkan
Tidak ada aturan universal tentang berapa banyak makanan yang harus dimakan, karena kebutuhan kalori spesifik bergantung pada setiap individu. “Sulit untuk makan banyak makanan pada pukul 3 pagi. Perut Anda akan benar-benar menyusut setelah beberapa hari” jelas Nour.

Nour juga mengatakan bahwa tubuh Anda hanya bisa mengolah makanan satu kali. “Apakah Anda makan 400 atau 1.000 kalori saat sahur, cadangan dalam perut Anda akan kosong setelah 6-8 jam dan tubuh akan merasa lapar kembali” ungkapnya. Jadi, tidak perlu berlebihan dengan terlalu banyak mengonsumsi makanan saat sahur.

2. Idealnya, makanan Anda harus 40-50% karbohidrat, 25-30% protein dan 25-30% lemak
Protein dan lemak akan membantu Anda untuk tetap kenyang lebih lama, sementara karbohidrat merupakan sumber energi yang baik, dan karbohidrat tertentu adalah sumber serat yang baik. Nour merekomendasikan makanan dengan high-fiber dan tidak diproses seperti havermut dan ubi jalar dan menghindari karbohidrat olahan seperti roti atau pastry.

3. Selalu minum dua gelas air bersama dengan makanan
Nour mengatakan bahwa tetap terhidrasi adalah hal yang sangat penting di waktu sahur, namun jus buah dengan banyak gula dan bukanlah pilihan terbaik. Buah dan sayuran dengan kadar air tinggi - seperti semangka, mentimun, tomat, dan jeruk bagus untuk dimakan saat sahur tanpa perlu menambahkan gula. Penting pula untuk minum dua gelas air putih saat sahur.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6821 seconds (0.1#10.140)